Awal Kejayaan Juventus

awal_kejayaan_juve Juventus memenangi gelar di kejuaraan Italia mereka yang pertama setelah final segitiga yang menegangkan melawan Genoa dan Milanese. Kemenangan ini merupakan usaha para pionir klub, di bawah presiden asal Swiss Alfredo Dick, dengan bantuan sejumlah pemain asing. Namun Alfredo Dick kemudian meninggalkan klub dalam kemarahan setelah kehilangan dukungan dari mayoritas pemain, dan mendirikan tim sepakbolanya sendiri yang diberi nama Turin. Dia juga membawa serta beberapa pemain asing terbaiknya.

Tahun-tahun berikutnya menjadi tidak mudah bagi klub, dan sampai Perang Dunia I sepakbola Italia didominasi oleh Pro Vercelli dan Casale. Prestasi Juventus mulai menunjukkan sinar terang setelah perang, penjaga gawang Giacone dan bek Novo serta Bruna menjadi pemain Juventus pertama yang di panggil ke tim nasional. Waktu itu presidennya Corradino Corradini, seorang sastrawan.

stadion_marsiglia Tahun 1923 Giampiero Combi, salah satu penjaga gawang terbaik sepanjang masa, membuat debut bersama tim. Pada tanggal 24 di tahun bersejarah tersebut, anggota klub memilih Edoardo Agneli, putra pendiri perusahaan otomotif Fiat, sebagai presiden klub. Mulai saat itu, klub memiliki lapangan sepakbola sendiri di Corso Marsiglia (foto sebelah kiri), dengan kaum buruh mendominasi menningkatnya jumlah penggemar fanatiknya.

Ini merupakan permulaan menuju pencapaian lima gelar sejak tahun 1930, di bawah polesan pelatih Carlo Carcano dan barisan pemain juara seperti Orsi, Caligaris, Monti, Cesarini, Varglien I dan II, Bertolini, Ferrari, dan Borel II. Gelar-gelar juara tersebut tak terputus sejak tahun 1930 - 1935, dan pada saat yang sama para pemain dari klub ini memberi kontribusi penting bagi tim nasional Italia yang memenangkan Piala Dunia di Roma tahun 1934.


0 comments