bangku_bersejarah_juveDi awal posting ini, aku akan menuliskan riwayat Juventus dari mulai awal berdirinya sampai kemudian menjadi klub besar dengan banyak koleksi gelar juara di berbagai ajang.

Semuanya bermula di sebuah bangku panjang terbuat dari kayu (lihat foto) yang berada di jalan Corso Re Umberto. Sejumlah remaja berusia antara 14 sampai 17 tahun dari sekolah menengah D'Azeglio di Turin berkumpul dan memutuskan membentuk klub olahraga sebagai wadah untuk menyalurkan minat mereka bermain sepakbola. Klub tersebut kemudian diberi nama "Juventus" yang dalam bahasa Latin berarti remaja. Peristiwanya terjadi tanggal 1 November 1897.

Nama Juventus, meskipun tercetus secara spontan, pada perjalanannya kemudian disukai dan dijadikan kebanggaan serta menjadi "way of live" bagi para penggemarnya. Klub yang presiden pertamanya bernama Enrico Cavari ini sering berganti-ganti homebase. Namun demikian sepak terjangnya di dunia sepakbola lokal disegani para pesaingnya yang lebih dulu berpengalaman. Seragam yang dipakai pada masa debutnya di kejuaraan Italia pada tahun 1900 berwarna pink. Sementara seragam hitam putih mulai dipakai tahun 1903 meniru seragam yang dipakai Nottingham, dan menjadi seragam kebesaran sampai sekarang.

stadion_motovelodromo Pada masa itu, tim bermarkas di Piazza d'Armi. Beberapa pertandingan awal dimainkan di lapangan dekat stasiun kereta api Porta Susa sekarang. Ketika lapangan tersebut dibongkar dan berdiri bangunan, Juventus menyewa sebuah lapangan di Motovelodromo Umberto I (lihat foto di sebelah kiri) di Crocetta. Juventus bermain di tempat tersebut sampai tahun 1906, kemudian pindah ke utara kota di Stadio di Corso Marsiglia. Stadion kecil ini kemudian terkenal sebagai "kamp Juventus" di Turin.

Pic to blog theme:








0 comments